Selasa, 22 Januari 2013

Manfaat dan Khasiat belimbing manis (starfruit)


Manfaat dan Khasiat belimbing (starfruit), Pada dasarnya buah belimbing dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu belimbing manis (Averrhoa carambola) orang barat biasa menyebutnya dengan nama starfruit dan belimbing yang rasanya masam yakni belimbing sayur atau biasa kita menyebut dengan nama belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi).
Kenapa Belimbing manis oleh orang barat disebut dengan starfruit karena apabila diiris melintang akan berbentuk seperti bintang, buah ini pada waktu muda buahnya berwarna hijau dan akan berubah kuning sampai dengan kemerahan apabila sudah siap untuk dipanen alias matang,
Manfaat dan Khasiat belimbing (starfruit),  selain enak dan segar apabila mengkonsumsinya dalam keadaan masih segar, belimbing juga enak dan segar bila dibuat jus. Serta tidak menutup kemungkinan bisa dijadikan produk olahan makanan lainnya.
Didalam buah belimbing terdapat  Manfaat dan Khasiat belimbing (starfruit), yaitu terkandung kadar mineral kalium yang tinggi dan juga kadar mineral natrium yang rendah sehingga bisa digunakan sebagai obat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Manfaat dan Khasiat belimbing (starfruit), selain dikonsumsi dalam keadaan masih segar atau dinikmati langsung buah belimbing juga dapat dibuat jus.
Cara membuat jus belimbing yang ber manfaat dan ber khasiat untuk para penderita hipertensi sebagai obat, adalah sebagai berikut :

Siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ;
  1. Belimbing (starfruit) sebanyak 100 gram
  2. 3 Sendok makan air jeruk nipis
  3. Seperempat gelas es yang telah diremukkan
  4. Setengah gelas air putih matang
Berikut cara membuatnya :
Masukkan seluruh bahan kedalam blender lalu nyalakan blender untuk menghancurkan dan menyampurkan seluruh bahannya. Sajikan dan nikmati minuman jus buah belimbing selagi masih dingin dalam satu gelas.
Manfaat dan Khasiat belimbing (starfruit), lainnya adalah sebagai sumber vitamin A, B1 dan C serta terdapat kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalium, fosfor, zat besi dan juga sebagai antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang diakibatkan dari polusi. Manfaat dan Khasiat belimbing (starfruit), juga cocok bagi penggemar buah-buahan yang kelebihan berat badan (pengen diet) karena mengandung jumlah kalori yang terbilang rendah.